Membuat Halaman Login Dan Dashboard Dengan CI

Asalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat berbahagia sobat blogger. Apa kabarnya kalian disana? semoga dalam keadaan baik dan tidak mengkhawatirkan.
Mungkin sudah banyak artikel yang membahas dengan Framework Codeigniter (CI). Tapi tak apalah saya hanya suka dengan framework yang satu ini. Nanti juga kalian akan tahu sendiri mengapa saya menyukanya setelah anda mulai menggunakannya sebagai dasar dari website yang anda akan buat nanti. Untuk yang baru berkunjung silahkan ikuti tutorial sebelumnya di Install Dan Konfigurasi CI.

Setelah konfigurasi selesai kita lakukan, langkah selanjutnya yaitu (seduh kopi hheee...) pilih template login sesuai keinginan kalian. Kalau mau instan (seduh mie pake telor mantaaabb..) nanti saya berikan diakhir tutorial.

Baiklah mari kita lanjutkan, let's do it (sambil pake dasi hheee).

Membuat Form Login

  • Buka file routes.php yang berada di "application/config/routes.php" kemudian ubah tulisan "welcome" menjadi "login" dibagian akhir sintak/query. Fungsi route disini ialah tujuan awal dari website kita, maksudnya saat pertama kali dibuka maka akan tampil halaman login.
  • Baiklah sekarang kita akan menuju kebagian controller dan view (apaan lagi tuh?). Controller disini gunanya seperti jalur lintasan sebelum sampai ketujuan. Logika seperti ini, ketika ban sepeda motor kalian bocor apa yang harus dilakukan? pertama pergi ke tukang tambal dengan cara mendorong. "Tukang Tambal" adalah view dan "Mendorong" adalah controller. Semoga bisa dipahami.
  • Selanjutnya, mari kita buat file "Login.php"disini berlaku case sensitive (huruf besar dan kecil berpengaruh) di "application/controller"


  • Sekarang kita buat tampilan halaman login nya. Silahkan di unduh disini, disana terdapat "folder assets" yang berguna untuk design dan "login.php". Letakkan "folder assets" di awal folder dan letakkan "login.php" di dalam "application/controllers/login.php"

  • Selanjutnya (Sruput kopi dulu gaaann..) kita buat "model" (wowowowo), model ini bertugas sebagai penghubung antara aplikasi yang kita buat dengan database yang ada. Lanjutkan membuat file "Login_model.php" di "application/model/Login_model.php"
  • Kembali lagi ke config untuk menjalankan perintah database. Buka file "application/config/autoload.php". Disana kita masukkan session untuk membuat ketika ada yang mencoba masuk ke halaman utama akan dialihkan ke halaman login.

  • Buatlah database dengan mengetik url di browser kesayangan anda localhost/phpmyadmin, selanjutnya buat database dengan nama "daftar_online" kemudian buat table dengan nama user.


Taraaaaaaaaa..... (alhamdulillah jadi juga)

Mohon maaf jika banyak kurang dan candanya, tidak sesuai dengan harapan kalian. Saya yang fakir hanya ingin berbagi saja.
Jangan lupa untuk "Bookmark" untuk  membantu saya agar bisa terus berkarya. Tetap semangat salam hangat sehangat kopi hitam buatan nona.

Wasalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar